• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Apa itu Internet Protokol (IP) Address?

Internet Protokol (IP) Address adalah sebaris angka yang digunakan sebagai alamat identifikasi atau identitas untuk setiap komputer, ponsel, atau perangkat lainnya yang terhubung melalui internet. IP Address yang dimiliki akan berbeda di setiap perangkat dan digunakan untuk menghubungi satu sama lain. Sehingga ketika melakukan akses melalui perangkat yang berbeda kamu akan mendapatkan identitas yang berbeda pula

Fungsi dari Internet Protokol (IP) Address

1. IP Address sebagai identitas Perangkat

Secara sederhana, perangkat seperti komputer, ponsel ataupun laptop memerlukan IP Address sebagai identitas (hostname) untuk mengidentifikasi perangkat tersebut. Ketika perangkat tersebut terhubung ke internet akan memiliki IP Address yang berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya kita dapat melakukan tracking untuk mengetahui pemilik perangkat melalui IP Address tersebut.

2. Melacak Lokasi atau Posisi Keberadaan Pengguna Perangkat

Selain untuk mengetahui pemilik atau host, IP Address juga bisa digunakan untuk melacak lokasi alamat jaringan tersebut. Cara sederhana untuk mengujinya adalah dengan mengetik keyword “where is my ip” pada mesin pencari (misalnya Google). Melalui pengecekkan ini kamu dapat mengetahui negara, provinsi, kota hingga Internet Service Provider(ISP) yang digunakan oleh pemilik IP tersebut.

3. IP Address sebagai History Pengguna

Melalui IP Address setiap aktivitas browsing pengguna perangkat dapat diketahui. Oleh karenanya ketika melakukan browsing di Internet, perlu untuk menghindari mengunjungi ataupun membuat konten provokatif yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Karena melalui IP Address seorang yang ahli dibidang nya dapat melacak dan mengetahui pasti aktivitas dari IP Address tersebut.

Jenis IP Address

1. IP Address Public

Merupakan IP Address yang dimiliki oleh setiap perangkat seperti komputer, ponsel dan lain-lain yang terhubung ke jaringan internet (public). IP Public kepemilikannya sendiri diatur oleh provider terkait seperti ISP ataupun APNIC, sehingga pemasangan IP pada setiap perangkat telah diatur dan terstuktur. IP Public juga dikenal sebagai Globally Routable Unicast IP address. Artinya Ketika sebuah perangkat memiliki IP public dan terkoneksi ke jaringan internet, maka perangkat tadi bisa diakses darimanapun melalui jaringan internet juga.

2. IP Address Private

IP private digunakan oleh komputer yang telah terhubung ke jaringan internet local (LAN).
IP ini hanya diperuntukkan untuk jaringan local yang digunakan oleh komputer yang saling berkomunikasi dan berbagi data, misalnya pada jaringan disebuah kantor, sekolah dan lain-lain yang memerlukan komunikasi internal.

Selanjutnya, melihat dari bagaimana konfigurasi Internet Protokol (IP) Address yang diberikan kepada perangkat terdapat 2 jenis yaitu,

a. IP Address Dynamic

Merupakan IP yang saat ini paling umum digunakan oleh berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Alamat IP ini diberikan dan ditentukan oleh Internet service Provider (ISP) kepada seluruh penggunanya secara gratis dan dapat berubah setiap minggu, bulan, tahun ataupun saat perangkat di restart. Hal tersebut dilakukan karena mengingat jumlah IP yang ada saat ini telah menipis sehingga setiap IP akan digunakan secara bergiliran oleh penggunanya.

b. IP Address Static

Berbeda dengan IP Dynamic, IP Static  bersifat tetap dan tidak berubah saat pengguna terhubung ke jaringan internet. IP bersifat tetap dikarenakan alamat IP telah di reservasi kepada penyedia layanan internet ataupun hosting dan tentunya ada charge biaya tambahan untuk mendapatkan IP tersebut. Hal ini diperlukan untuk menjalankan layanan penggunanya seperti alamat IP untuk website yang harus tetap sehingga memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. IP ini hanya dapat diubah secara manual oleh ISP ataupun administrator jaringan jika diperlukan.

 Penutup

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet membutuhkan IP Address sebagai identitas dan akses untuk dapat terhubung. Hingga saat ini pengguna internet diseluruh dunia terus meningkat dikarenakan kebutuhan informasi dan telah menjadi gaya hidup saat ini. Sekian artikel tentang mengenal apa itu IP Address : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya, kunjungi Wide Host Media untuk mendapatkan layanan Cloud Server, hosting dan Data center terbaik.

Semoga bermanfaat