• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Sistem Keamanan Firewall dari FortiGate

Sistem keamanan firewall dari FortiGate sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan komputer, internet, maupun server, yang nantinya akan berperan sebagai “gatekeeper”. Firewall sendiri merupakan suatu sistem yang berbentuk software ataupun hardware. Berperan penting dalam mengontrol lalu lintas jaringan seperti melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan.

Melalui penjelasan diatas, tugas utama dari firewall adalah mencegah masuknya konten asing yang berbahaya semisal malware atau virus ke dalam komputer maupun pada sistem jaringan.

Mengenai FortiGate

FortiGate merupakan sebuah perangkat sistem keamanan firewall yang perkenalkan oleh Fortinet. Fortinet sendiri merupakan perusahaan yang berasal dari California dan berfokus pada pengembangan layanan produk cyber security serta computer security. FortiGate hadir sebagai produk yang menawarkan sistem keamanan menyeluruh dalam sebuah paket yang dilengkapi beragam fleksibilitas dan kemudahan serta fungsi pendukung firewall lainnya.

Fokus utama dari sistem firewall yang ditawarkan oleh FortiGate adalah untuk menangkis serangan hacker berbasis Distributed Denial of Service Attacks (DDoS) secara real-time. Jenis serangan ini dilakukan oleh beberapa sistem komputer yang menargetkan sebuah server, sistem ataupun jaringan. Nantinya akan membuat traffic dalam sistem tersebut sangat tinggi hingga server tidak bisa menghandle permintaan dan perintah apapun.

Jika serangan tersebut terjadi pada sistem, server ataupun jaringan sebuah perusahaan, hal ini tentunya akan berdampak buruk pada keamanan database perusahaan. Oleh karenanya, FortiGate memiliki beberapa fitur yang menjadikannya sebagai salah satu sistem firewall terbaik yang dapat mengatasi serangan DDoS, berikut penjelasannya,

1. UTM

UTM (Unified Threat Management) merupakan sistem dikhususkan untuk menangani masalah keamanan jaringan secara komprehensif. Dalam program ini, FortiGate memiliki beberapa fitur seperti firewall, Intrusion Prevention System (IPS), web filtering, antivirus sekaligus routing dalam satu paket hardware yang sangat lengkap.

Disamping itu Fortigate juga dilengkapi dengan berbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti:

  • Layanan jaringan meliputi switching dan routing, baik yang bersifat statis maupun dinamis.
  • Layanan keamanan jaringan, meliputi firewall, koneksi VPN yang aman, serta keamanan endpoint.
  • Layanan keamanan aplikasi, meliputi kontrol pada spam dan virus, penyaringan web, serta kontrol aplikasi dan mencegah terjadinya kebocoran data. Fitur ini pun dapat di nonaktifkan jika tidak diperlukan oleh pengguna.

2. FortiGate dilengkapi dengan FortiGuard

FortiGuard yaitu jasa support dalam menyediakan layanan beragam update yang berkelanjutan, untuk menjamin keamanan jaringan komputer. Layanan ini juga dapat dipergunakan untuk mengontrol pemakaian bandwidth internet, untuk mengatur pemakaian akses internet di luar keperluan kantor, atau disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Fitur ini dibutuhkan terutama untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi penting kepada pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Melindungi sistem server merupakan hal yang penting diperhatikan oleh pemiliknya, apalagi bagi pengguna jasa dari provider Hosting, Cloud Server maupun Data Center. Kita harus mengetahui bahwa penyedia layanan menggunakan sistem keamanan firewall yang memumpuni seperti FortGate.

Wide Host Media yang menjadikan FortiGate sebagai salah satu perangkat sistem keamanannya yang dapat menjamin keamanan data secara keseluruhan, sekaligus menjadi gateway utama yang nantinya akan mengawasi setiap lalu lintas data yang akan melewati sistem Wide Host Media.