Moodle: Penjelasan Lengkap dan Keunggulannya

Di masa pandemi ini segala kegiatan ataupun bisnis yang dilakukan menjadi serba sulit dan terbatas, termasuk salah satunya kegiatan di bidang pendidikan. Solusi yang dilakukan agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan yaitu dengan melaksanakan kegiatan e-learning. Nah, tahukah kamu terdapat sebuah platform bernama Moodle yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran secara online?

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang Moodle sebelumnya? Keunggulan apa sajakah yang dimiliki oleh platform ini? Apabila kamu penasaran dan ingin mengetahui penjelasan lengkapnya, simak terus artikel ini hingga akhir. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu LMS (Learning Management System) yang cukup populer, yaitu Moodle. Yuk, mari kita simak penjelasannya!

Apa itu Moodle?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Moodle, kamu harus paham terlebih dahulu tentang apa itu Learning Management System (LMS). Well, LMS merupakan sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk mendukung kebutuhan pembelajaran digital, mulai dari penyampaian materi, https://widehostmedia.com/wp-content/uploads/2020/02/team5-7-1.jpgistrasi, dokumentasi, progress, laporan, hingga program pembelajaran dan perkembangan lainnya.

Nah, Modular-Object Oriented Dynamic Learning Environment atau yang lebih kita kenal dengan Moodle, merupakan sebuah Learning Management System (LMS) bersifat open source. Platform ini dikembangkan oleh seseorang asal Australia, bernama Martin Dougiamas. Dengan dikembangkannya Moodle, ia berharap hak setiap orang untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas terpenuhi walaupun kegiatan pembelajaran diadakan secara jarak jauh.

Perlu diketahui, platform ini memiliki fungsi untuk mempermudah pembuatan sistem manajemen pembelajaran. Selain itu, juga berfungsi untuk memfasilitasi pembelajaran yang diadakan secara jarak jauh atau online. Sehingga siapapun tetap bisa mendapatkan materi pembelajaran yang optimal. Tidak hanya digunakan oleh institusi pendidikan saja, platform e-learning ini juga digunakan oleh banyak perusahaan untuk melaksanakan berbagai pelatihan (training) dan program sertifikasi bagi karyawannya.

Tentunya, Moodle memiliki keunggulan sehingga banyak digunakan oleh berbagai institusi dan perusahaan. Apa sajakah keunggulan yang dimiliki oleh platform satu ini? Yuk, mari kita simak mengenai keunggulan yang dimilikinya. Happy reading!

Keunggulan dari Moodle

Apabila kamu masih bingung dalam menentukan LMS apa yang akan digunakan, maka pembahasan ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih Moodle sebagai LMS-mu. Berikut penjelasan terkait keunggulan yang dimilikinya.

1. Mudah untuk Digunakan

Platform e-learning yang mudah digunakan oleh siapapun tanpa terkecuali. Hal ini dikarenakan tampilan yang dimiliki cukup sederhana sehingga akan mudah untuk dipahami terutama bagi para pemula. Selain itu, platform ini menyediakan fitur drag-and-drop yang membuat penggunaannya menjadi sangat mudah, dan tersedia sumber dokumentasi lengkap untuk mempelajari dan memahami berbagai fitur lainnya yang dimiliki oleh Moodle.

2. Dibuat untuk Kebutuhan Belajar-Mengajar

Sudah dikembangkan lebih dari 10 tahun berdasarkan Social Constructionist Pedagogy atau metode pengajaran yang berorientasi atau terpusat pada peserta didik. Sehingga, platform ini memberikan seperangkat teaching tools yang terpusat pada peserta didik (learner centric-tools), dan lingkungan belajar yang kolaboratif. Hal ini tentunya dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang diadakan secara online.

3. Fleksibel

Karena sifatnya yang open source, platform ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai konfigurasi sesuai yang diinginkan. Kamu juga dapat membuat dan menambahkan berbagai plugins agar Moodle berfungsi secara lebih luas dan maksimal.

4. Scalable

Dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan berbagai ukuran kelas, baik itu kelas berskala kecil maupun besar. Oleh karena fleksibilitas dan skalabilitas yang dimilikinya, Moodle banyak digunakan tidak hanya oleh institusi pendidikan saja, tetapi juga oleh pemerintah, bisnis, dan juga komunitas.

5. Mudah diakses

Platform ini memiliki tampilan yang kompatibel dengan berbagai perangkat, dan juga browser. Sehingga tampilan konten yang terdapat di dalamnya akan tetap konsisten dan membuat platform ini menjadi mudah untuk diakses kapanpun dan dimanapun. 

6. Tersedia dalam Berbagai Bahasa

Jaminan tidak adanya limitasi dalam metode pembelajaran online, hal ini dibuktikan dengan tersedianya berbagai bahasa yang disediakan. Moodle memiliki komunitas yang sudah menerjemahkan platform Moodle ke lebih dari 120 bahasa (language localization) dan akan terus bertambah nantinya, agar pengguna dapat menggunakan platform ini sesuai dengan bahasa yang dibutuhkan.

Perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan MoodleCloud.com

Tersedia banyak versi dari platform e-learning satu ini yang perlu kamu ketahui perbedaannya, mulai dari Moodle.org, Moodle.com, dan MoodleCloud.com. Lantas, apakah perbedaan dari setiap versi? Apakah kegunaannya sama? Well, untuk mencari tahu, yuk kita simak pembahasan mengenai perbedaan dari setiap versinya

a. Moodle.org

moodle.org

Merupakan website komunitas untuk MoodleProject. Pada website tersebut terdapat sebah forum yang bisa digunakan untuk melakukan diskusi dan mencari berbagai solusi terkait dengan kendala pada platform Moodle yang kamu alami. Selain itu, pada halaman web ini kamu dapat mengunduh sourcecode dan plugins yang telah disediakan.

b. Moodle.com

moodle.com

Merupakan website komersial untuk Moodle. Kamu dapat menemukan berbagai produk Moodle yang ditawarkan, seperti MoodleLMS, MoodleApp, MoodleWorkPlace dan lain sebagainya. Selain itu, pada halaman web ini kamu dapat melakukan pencarian penyedia layanan Moodle di negaramu yang sudah sesuai dengan standar dan kriteria tertentu, sehingga bisa dijamin bahwa provider tersebut sudah tersertifikasi.

c. MoodleCloud.com

moodlecloud.com

Merupakan portal yang disediakan untuk menggunakan layanan ini secara gratis. Dengan MoodleCloud kamu dapat membuat platform e-learning mu sendiri, yang di-hosting langsung oleh Moodle. Tetapi, tentu saja terdapat banyak batasan pada layanan ini karena sifatnya yang gratis. Salah satunya, domainmu yang akan mengikuti domain dari MoodleCloud, contoh namadomainmu.moodlecloud.com. Apabila kamu tertartik, kamu dapat melakukan signup dan mencoba menggunakan seluruh fitur yang disediakan MoodleCloud secara gratis untuk 45 hari.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa Moodle merupakan sebuah Learning Management System (LMS) cukup populer, karena memiliki banyak keunggulan seperti tampilannya yang user-friendly, kemudahan dalam akses, dan platform ini juga tersedia dalam berbagai bahasa. Sehingga, keberadaan platform ini dapat membantu baik pengajar dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran online, terutama di masa pandemi. Terlebih, platform e-learning ini menyediakan berbagai activities dan teaching tools yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Apabila kamu sudah menggunakan layanan hosting dari Wide Host Media, kamu dapat memiliki platform e-learning mu sendiri dengan melakukan instalasi LMS Moodle melalui Softaculous Apps Installer. Berbeda dengan MoodleCloud.com, dengan menggunakan self-hosting kamu dapat menikmati seluruh fitur dan plugins yang ditawarkan tanpa adanya batasan. Tim support Wide Host Media akan selalu siap membantumu selama 24/7 dalam mengatasi berbagai kendala yang dialami.

Semoga artikel ini bermanfaat.