• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Mengenal Teknologi pada Revolusi Industri 4.0

Istilah Revolusi Industri 4.0 sudah terdengar tidak asing, karena pada kehidupan saat ini Industri 4.0 telah banyak memberikan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan dunia.

Secara sederhana, Revolusi Industri 4.0 dapat diartikan sebagai revolusi yang terjadi pada era Industri untuk yang ke-4 kalinya. Sementara pengertian Revolusi Industri 4.0 secara umum adalah nama yang diberikan terhadap perubahan yang terjadi pada bidang industri serta didominasi oleh teknologi automasi, pertukaran data serta koneksi cepat.

Perbedaan utama Industri 4.0 daripada tiga revolusi sebelumnya adalah penggunaan teknologi yang sangat terkini (cutting-edge technology). Implementasinya dapat kita lihat ketika pekerjaan manusia akan digantikan oleh mesin ataupun sistem cerdas. Kemudian, muncullah produk dari revolusi Industry 4.0 yang dapat dijumpai seperti,  Cloud ComputingMobile Technology (5G), Internet of Things dan lain – lain.

Industrial

Industrial Revolution

Teknologi pada Industri 4.0

Untuk lebih mengenal perkembangan teknologi yang berperan penting dalam revolusi Industri 4.0, berikut penjelasannya,

  • Internet of Things (IoT)

Konsep utama dari IoT adalah dimana alat fisik atau mesin disekitar kita dapat saling berkomunikasi tanpa terhalang oleh jarak, serta antar satu dan yang lainnya terhubung melalui sebuah jaringan seperti internet.  Sehingga setiap informasi bisa didapatkan secara akurat dan real-time

  • Argumented Reality

Merupakan teknologi teknologi yang memperluas dunia fisik kita dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya. AR menambahkan tampilan suara, video, dan grafik ke lingkungan asli disekitar kita sehingga gambaran virtual terlihat menyatu dengan lingkungan tersebut. AR dapat dijumpai pada dunia kesehatan sebagai alat bantu untuk praktek medis, kemudian juga pada TV Broadcast, games dan lain-lain.

  • Cyber Security

Dengan adanya Internet of Things (IoT) semua data dan informasi yang beredar di internet tentunya membutuhkan pengamanan agar menghindari cyber attack yang dapat merugikan. Cyber attack yang dimaksud disini adalah tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Cyber Security diperlukan untuk mengatasi hal tersebut, serta dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari kerusakan akibat serangan malware ataupun hacker.

  • Artifical Intelegence (AI)

Memiliki kemampuan untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini karena AI merupakan teknologi komputer yang memungkinkan mesin yang memiliki kecerdasan mirip manusia. Karena dapat menyesuaikan dan memiliki kecerdasan untuk meniru serta belajar sesuai dengan yang diperintahkan.

  • Cloud Computing (Komputasi Awan)

Saat ini cloud computing menjadi sebuah peluang bisnis baru pada Industri 4.0. Karena didalam Cloud computing semua unsur teknologi 4.0 tersimpan dan terbentuk. Cloud Computing merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai pusat pengelolaan, penyimpan data dan aplikasi. Teknologi ini memungkinkan para pengguna memperoleh hak untuk mengakses atau menjalankan program melalui komputer dan jaringan internet tanpa instalasi.

Manfaat Revolusi Industri 4.0

  • Teknologi dalam Genggaman

Smartphone dan perangkat pintar lainnya yang berbasis internet merupakan produk teknologi terbaik pada revolusi Industri 4.0. Melalui perangkat ini kita bisa mengakses berbagai data dengan menggunakan aplikasi serta berbagai sistem yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup saat ini.

Data tersebut dapat diakses dengan murah, cepat, kapan saja dan dimana saja serta memiliki tingkat keamanan tinggi, karena semuanya telah tersimpan pada sistem Cloud Computing. Oleh karenanya sebuah smartphone tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, namun juga mampu meningkatkan kualitas hidup dengan teknologi dalam genggaman.

  • Optimasi

Dengan adanya perkembangan Arificial Intelligence (AI), smart digital assistant sangat membantu manusia dalam meminimalisir kesalahan sistem serta dapat diaplikasikan diberbagai bidang. Sebagai contoh AI membantu menunjang Smart Factory dalam efisiensi terhadap waktu dan pengeluaran terhadap proses produksi.

  • Inovasi

Industri 4.0 akan memberikan peluang bagi inovasi digital di berbagai bidang seperti e-commerce 24 jam, aplikasi belajar online, konsultasi Kesehatan secara online dan masih banyak lagi bidang lainnya.

Fenomena Revolusi Industri 4.0 ini membawa banyak pengaruh, baik positif maupun negatif bagi manusia sama seperti revolusi industri yang terjadi sebelumnya. Pada Industri 4.0 kita akan dituntut terus belajar dan berinovasi  pada masa digitalisasi ini, agar tidak terlindas oleh teknologi yang terus berkembang.

Wide Host Media berusaha untuk terus mendukung perkembangan era digital dengan menyediakan layanan Hosting, Cloud Server dan Data Center terpercaya serta didukung cutting-edge technology. Sehingga layanan kami dapat memberikan peforma terbaik untuk kebutuhan teknologi pada Industri 4.0.