• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Langkah Mudah untuk Memulai Websitemu!!

Sebagai pemula yang ingin memulai sebuah website, kamu harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal basic yang diperlukan agar pengelolaan website mu lebih terlihat professional dan dilirik oleh banyak pengunjung.

Untuk memulainya kamu membutuhkan basic tool yang dinamakan hosting dan domain, maksudnya?

Well, Mari kita jabarkan terlebih dahulu,

Hosting/ Web hosting secara umum bisa dijelaskan sebagai tempat untuk menyimpan data-data penting yang berkaitan dengan website yang akan kamu buat baik itu berupa gambar, file, email, database, aplikasi dan lain-lain. Hosting memiliki peranan penting dalam kontrol website agar bisa diakses secara online.

Selanjutnya Domain, yang memiliki peran yang tidak kalah penting dari hosting

Domain dapat pahami sebagai nama atau alamat yang dapat mengidentifikasi sebuah jaringan website tanpa penggunaan dari IP address.

Untuk mengakses sebuah website secara online sebuah server membutuhkan yang dinamakan IP Address yang biasanya terdiri dari beberapa kombinasi angka. Hal tersebut sangatlah sulit untuk diingat dan digunakan, oleh karena itu domain hadir sebagai pengganti IP address yang dapat memudahkan kita dalam melakukan pencarian untuk sebuah website internet

Nah, berikut langkah mudah selanjutnya memulai website mu,

1. Menentukan Ide Website

Ide untuk website bisa ditentukan dengan tema dan tujuan dari website tersebut. Budayakan rajin membaca dari berbagai sumber yang bisa kamu akses untuk menemukan ide ataupun topik baru, kunjungi forum-forum diskusi yang membahas berbagai isu general hingga bersifat khusus dan unik.
Kemudian kamu juga bisa menggunakan content generator seperti BuzzSumo, yang akan membantu memberikan saran ide maupun topik untuk website mu.

2. Menentukan nama website

Pilihlah nama yang catchy, unik dan tidak terlalu panjang agar calon pengunjung website kamu gampang mengingatnya.

3. Ekstensi domain

Untuk hal ini lebih disarankan menggunakan ekstensi .com, namun ada beberapa domain lain yang populer dan bisa disesuaikan dengan tujuan website yang akan kamu kelola seperti .id, .co.id, .xyz, .online, .tech dan masih banyak lagi ekstensi yang dapat digunakan.
Gunakan fitur cek domain agar domain ataupun nama website mu tidak sama dengan website lainnya. Pilih nama terbaik untuk domain mu.
Kemudian lakukan pemesanan dan registrasikan domain tersebut.

4. Pilih Web Hosting

Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menyewakan hosting dengan harga yang kompetitif dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari website pemula hingga para expert dalam bidangnya, dari kebutuhan untuk perorangan hingga perusahaan. Hosting pun biasanya di tampilkan dalam beberapa pilihan harga dan fitur seperti contoh dibawah ini,

5. Pilih platform dan buat website mu

Saat ini platform yang dapat membantu untuk mengembangkan website mu sudah sangat banyak. Platform ini dikenal dengan istilah Content Management System (CMS), sistem ini membantu untuk ide design website mu. CMS yang banyak digunakan seperti WordPress, Joomla, Prestashop dan lain-lain yang bisa digunakan sesuai kebutuhan website yang ingin dibuat

Langkah sederhana diatas bisa jadikan sebagai salah satu referensi untuk memulai website mu, lalu saat ini juga sudah banyak layanan penyewaan hosting dan domain yang ramah untuk pemula serta menyesuaikan dengan budget kamu tentunya. Wide Host Media sebagai salah satu layanan tersebut, juga mencoba untuk menjangkaunya dengan berbagai fitur yang menguntungkan, seperti jaminan uptime 99% dan layanan 24/7 dengan berbagai paket yang ditawarkan. Tunggu apalagi segera mulai website mu!!