• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Domain

Dalam topik kali ini kita membahas mengenai Domain, yang merupakan alamat atau nama untuk mengidentifikasi serta mengantarkan-mu ke sebuah website tanpa memerlukan IP Address. Domain diperlukan untuk mempermudah pengguna internet mengakses suatu website tanpa perlu menghafal sederatan angka rumit yang diberikan oleh IP Address.

Misalkan saja sebuah website memiliki IP Address 103.148.192.12, tanpa adanya domain pengunjung harus menghafalkan deretan angka tersebut sehingga akan terasa sulit untuk mengakses sebuah website. Namun, dengan adanya domain, misalnya saat mengunjungi search engine dengan nama  Google dengan domain .com dan kamu hanya butuh mengetikkan nama website tersebut serta domain menjadi alamat website tersebut.

 Jenis Domain

Terdapat beberapa jenis domain berdasarkan tingkat penggunanya, diantaranya,

1. TLD: Top Level Domain

TLD merupakan ekstensi domain yang paling dikenal dan banyak digunakan oleh pengguna web saat ini. Seperti namanya, tipe nama domain ini merupakan top level (tingkat atas) dalam sistem nama domain di Internet, sehingga ketika sebuah website menggunakan domain ini akan mendapat peringkat lebih unggul di search engine.  Pilihan ekstensi domain TLD sendiri sangatlah beragam dan yang paling banyak digunakan antara lain seperti, .com, .org, .net, .edu dan lain-lain.

Disamping itu Top Level domain juga terbagi dalam beberapa tingkatan diantaranya,

a. ccTLD: County Code Top Level Domain

ccTLD merupakan domain yang digunakan untuk website ataupun situs sebuah negara atau wilayah dan ekstensi domainnya menggunakan kode negara tersebut. Misalnya,  .us untuk United States, .jp untuk Jepang dan .id untuk Indonesia. Jenis ekstensi ini digunakan untuk menunjukkan identitas website tersebut dan membantu mengarahkan pengunjungnya ke situs yang valid.

b. gTLD: Generic Top Level Domain

gTLD merupakan TLD yang digunakan untuk kebutuhan yang lebih general atau pada umumnya. Terdapat beberapa ekstensi domain dengan penggunaan tertentu yang populer. Seperti, .edu (untuk website institusi pendidikan/ edukasi), .mil (Militer), gov (Pemerintahan), .org (lembaga nirlaba atau organisasi) dan lain-lain.

2. Second Level Domain

Merupakan nama dari domain yang di daftarkan, misalnya saja domain widehostmedia.com, widehostmedia tersebut lah yang merupakan second level domain tersebut.

3. Third level domain

TLD lebih dikenal dengan subdomain, TLD dapat dibuat oleh pemilik domain tanpa harus mendaftarkan domain tersebut. Karena TLD merupakan bagian dari domain utama, dan sebagai domain alternative dari domain utama. Contohnya, “www.blog.widehostmedia.com”, kata “blog.” tersebut merupakan sub domain / TLD dari domain utama yaitu widehostmedia.com

Ketentuan mengenai Domain

Terdapat beberapa ketentuan atau aturan mengenai penggunaan domain yang diberlakukan hampir oleh seluruh provider domain, diantaranya,

1. Setiap domain yang telah diregistrasi akan memiliki masa aktif selama 1 tahun atau 365 hari
2 Masa tenggang/Grace Period

Jika tidak dilakukan pembaharuan registrasi terhadap domain setelah melewati 365 hari, maka domain-mu akan expired atau kadaluarsa dan masuk ke masa tenggang selama 30 hari. Pada masa ini domain-mu tidak akan berfungsi dan website atau situs tidak bisa diakses.

3. Masa Penembusan/ Redemption Period

Setelah masa tenggang selama 30 hari habis, maka domain-mu akan masuk ke masa redemption selama 30 hari. Pada masa 30 hari pemilik domain masih diberikan waktu untuk memperpanjang domain namun biaya yang dikenakan bisa mencapai 10 kali lipat.

4. Pending Deletion

Jika masa Redemption juga telah lewat, maka status dari domain-mu akan masuk ke pending deletion. Yang artinya domain tersebut sudah tidak bisa diperpanjang selama 7 hari dari masa sebelumnya dan jika ingin digunakan, domain tersebut harus didaftarkan kembali. Ketika domain-mu terhapus dan jika kualitas dari domain tersebut bagus dan banyak pengguna lain ingin memilikinya, sebaiknya cepat dilakukan pendaftaran ulang. Serta untuk kedepannya selalu perhatikan masa aktif domain-mu agar tidak berada dimasa tenggang hingga masa pending deletion.

Demikian penjelasan singkat mengenai domain, Wide Host Media menyediakan berbagai nama domain TLD dan domain lainnya yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan website-mu. Dan dapatkan harga domain .com hanya IDR.99.000 dengan mengunjungi website Wide Host Media.

Semoga bermanfaat.