• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Apa itu Virtual Private Network (VPN)?

Virtual Private Network (VPN), merupakan sebuah teknologi yang menyediakan jaringan virtual bersifat private, sehingga ketika penggunanya terhubung dengan jaringan public (internet) maka koneksi tersebut akan lebih aman dan terjamin.

Secara umum keamanan koneksi internet yang diberikan oleh VPN adalah enkripsi pada setiap data upload dan download penggunanya. Enkripsi tersebut mengubah setiap data menjadi sekumpulan kode acak yang sulit untuk diterjemahkan,  sehingga baik Penyedia Layanan Internet (ISP), pemerintah, ataupun hacker tidak dapat membaca data pengguna VPN.

Prinsip Proteksi VPN

Dari penjelasan singkat diatas mengenai apa itu VPN, maka selanjutnya akan menjelaskan tentang prinsip VPN. Pada dasarnya prinsip kerja VPN adalah membuat jaringan dalam jaringan atau disebut juga tunneling. Ketika berperan sebagai perantara saat kamu terhubung dengan internet, VPN akan membuat jalur khusus tersendiri atau “terowong” untuk koneksi tersebut. Kemudian VPN akan menyembunyikan alamat IP asli yang di dapatkan dari ISP, dan menggantinya dengan alamat IP yang dimiliki oleh VPN untuk melindungi data serta identitas penggunanya. Sehingga komunikasi data yang terjadi didalam “terowongan” tersebut tidak bisa diketahui oleh pihak luar, hal tersebut dapat diilustrasikan pada gambar dibawah.

 

Keuntungan Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

Saat ini aplikasi VPN dapat diakses dengan mudah karena telah banyak provider yang menyediakannya, mulai dari VPN versi lite hingga yang berbayar dengan berbagai fasilitas tambahan untuk keamanan koneksi jaringan. Oleh Karenanya terdapat beberapa fungsi utama VPN yang dapat dimanfaatkan saat mengakses internet public, diantaranya, 

1. Menyembunyikan atau mengubah alamat IP untuk privasi

Ketika terhubung ke internet dan menggunakan VPN, maka secara otomatis perangkatmu akan mendapatkan IP Address samaran yang dimiliki oleh VPN. IP address pengganti inilah yang akan menyamarkan aktivitas penjelajahan internetmu, menyembunyikan lokasi pengguna serta history aktivitas online lainnya.

2. Melindungi data pribadi saat kamu menggunakan WI-FI public

WI-FI publik sangat rentan terhadap serangan malware ataupun hacker yang mampu mencuri data pengguna internet untuk berbagai kepentingan. Selain keamanan melalui jalur tersendiri, VPN juga menambahkan fitur enkripsi seperti yang telah dijelaskan diatas.

3. Mengakses konten atau website yang dibatasi

Beberapa negara memblokir akses untuk situs ataupun konten tertentu. Melalui VPN penggunanya dapat mengakses situs atau konten tersebut dengan alamat IP yang telah diubah atau disamarkan. IP Address yang telah disamarkan tersebut akan mengubah lokasi negara si penggguna sehingga tidak ada Batasan lagi untuk mengakses konten atau website tertentu.

4. Membuat jaringan antar cabang dengan biaya murah

Jika suatu perusahaan mempunyai cabang yang terpisah jauh secara geografis dan memerlukan biaya cukup mahal untuk menghubungkan jaringan keduanya. Oleh karena itu,VPN menjadi alternatif  yang murah untuk menghubungkan jaringan antar cabang menggunakan jaringan yang sudah ada (Internet).

5. Mengurangi Latency atau lag pada game online

Pada game online yang melibatkan player dari berbagai negera,VPN dapat digunakan untuk menghilangkan limit akses player ke server berdasarkan negaranya. Jika negara player berada jauh dari fisik server server maka akan terjadi latency atau lag saat game. Hal ini terjadi karana jarak tempuh paket data yang Panjang karena jarak antara player dan game server tersebut. Dengan VPN player bisa memilih server VPN dengan jarak yang paling dekat dengan dengan game server dan tidak terlalu jauh dari lokasi player sebenarnya.

Aplikasi VPN yang ditawarkan oleh berbagai provider saat ini dapat memenuhi kebutuhan keamanan jaringan-mu. Dalam beberapa kasus VPN juga dikembangkan oleh private atau perusahaan untuk kebutuhan internal. Oleh karenanya, Wide Host Media menyediakan layanan VPS dan VPS MikroTik sebagai platform yang dapat membantu-mu untuk membuat jaringan VPN tersendiri dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga Bermanfaat.