• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Alamat IP di Blokir Spamhaus?

The Spamhaus Project menyediakan layanan bagi pengguna email dan internet diseluruh dunia.  Bekerja dengan cara melakukan pemantauan dan pemblokiran pada alamat – alamat IP yang berpotensi melakukan aktivitas spammers. Spammers biasanya mengirimkan email – email yang berisi iklan atau hanya sekedar email kosong dan lebih dikenal dengan email spam. Email spam dimaksud adalah yang akan berpotensi menimbulkan cyber attack, phising, malware ataupun botnet, dan memiliki tujuan untuk merusak ataupun mengendalikan sistem komputer dari penerimanya.

Alamat IP yang telah di blacklist oleh Spamhaus akan terdapat pada daftar Spamhaus Block List (SBL) yang dapat dicek pada situs web resmi Spamhaus. Daftar ini akan dimanfaatkan oleh perorangan, penyedia layanan internet, ataupun pemerintah. Bertujuan untuk menghindari perpindahan malware serta menjamin keamanan layanan dan sistemnya. Jika mengunjungi website dari Spamhaus, kita akan menemukan beberapa menu database terkait block list IP yang telah di blokir oleh Spamhaus, berikut penjelasannya:

Spamhaus Block List (SBL)
Merupakan database yang berisi alamat IP yang terindikasi melakukan tindakan spam. Seluruh alamat (email dan IP) yang ada di daftar tersebut akan diblokir dari akses ke email. Selain itu SBL adalah program yang bekerja terus menerus secara real time 24/7 mengidentifikasi, menandai, dan memblokir terhadap berbagai email yang merusak, mengganggu, dan menyalahi aturan.
Exploits Block List (XBL)
Merupakan database realtime dari IP dan PC yang dibajak oleh pihak ke tiga dan digunakan untuk mengirimkan spam yang telah berisikan malware.
The Policy Block List (PBL)
IP yang masuk dalam list PBL, bukanlah IP yang sepenuhnya terblokir dan juga bukan IP yang terindikasi sebagai spammers. Namun, IP pada list ini merupakan IP yang harus melakukan autentikasi sebelum melakukan pengiriman email, karena ada indikasi bahwa IP tersebut sering menjadi sasaran dari spammers dan dapat mengancam pengguna lain.

Blocklist Removal Center

Jika alamat IP yang kita miliki menjadi salah satu kategori dari Spamhaus diatas tentunya akan sangat merepotkan, karena,

  • IP tersebut tidak akan bisa melakukan akses untuk email secara bebas karena diperlukannnya syarat autentikasi
  • Menurunnya tingkat kepercayaan dan reputasi dari alamat IP tersebut

Oleh karenanya Spamhaus juga memiliki fitur Blocklist Removal Center, tools ini akan membantu kita melakukan pengecekkan dan penghapusan alamat IP yang menjadi daftar “Listed” dan mengubahnya menjadi “Not Listed” dari spamhaus. Untuk mengubah IP tersebut menjadi white list, spamhaus pun akan memberikan langkah – langkah yang harus diikuti oleh pemilik IP tersebut.

Gambar dibawah ini merupakan menu dari Blocklist Removal Center, kamu bisa mencoba memasukkan alamat IP yang ingin di tes dan selanjutnya sistem akan memberikan info apakah IP tersebut “Listed” atau “Not Listed”.


Jika tidak mengetahui alamat IP mu bisa mengunjungi checkip.org, untuk melakukan pengecekkan alamat IP. Jika pada gambar dibawah alamat IP tersebut termasuk “Listed” pada PBL, hal tersebut belum pada kategori berbahaya maka spamhaus pun akan memberikan langkah bagaimana menghapus IP tersebut dari Listed spamhaus. Perlu di waspadai jika alamat IP mu termasuk pada kategori SBL atau XBL.


Penyebab Alamat IP menjadi Listed Spamhaus

a. Malware

Tanpa disadari alamat IP kita bisa menjadi listed di spamhaus karena berbagai aktivitas yang berhubungan dengan malware. Karena malware bergerak secara otomatis tanpa sepengetahuan pengguna dan bergerak dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Malware memiliki dampak yang berbeda tergantung dari jenisnya, salah satu nya dengan membuat sebuah IP terus mengirimkan email. Saat pengiriman email pun sering terjadi kegagalan, hal ini akan menjadi perhatian bagi spamhaus. Sebab terdapat aktivitas yang mencurigakan, jika kondisi tersebut terus berlangsung maka alamat IP pengirim pun akan menjadi “listed”

b. Mass Email

Mass email/ email masal merupakan email yang dikirim dalam jumlah banyak dalam satu waktu dan kepada user lain yang belum tentu relevan untuk menerima email tersebut. Fitur ini biasanya dimanfaatkan oleh pengiklan yang mempromosikan produk miliknya. Namun pengiriman email secara masal melalui IP yang belum terverifikasi dan pengiriman secara acak akan banyak menimbulkan kegagalan dan bounceback dalam pengiriman serta berakhir menjadi spam.

c. Email Spamming

Penyebab lainnya alamat IP menjadi listed Spamhaus, karena sengaja mengirimkan email spam dengan berbagai tujuan. Dengan cara mengirimkan email dalam ukuran besar yang nantinya akan memenuhi kapasitas email penerima, dan juga terdapat malware didalamnya dari link yang dibagikan.

Penutup

Untuk menghindari berbagai dampak yang merugikan jika alamat IP mu masuk dalam “Listed” spamhaus, ada baiknya untuk rutin melakukan scanning dan penghapusan jika terdapat malware. Serta pastikan lalu lintas email bebas dari spam dengan melakukan pengiriman email pada alamat yang tepat dan hindari mengirim konten yang berpotensi menjadi celah yang disisipi malware.