Cara Install Joomla di Cpanel

Tahukah kamu bahwa selain menggunakan WordPress, kamu juga bisa membuat website dengan menggunakan Joomla. Pernahkah kamu mendengar mengenai Joomla? Well, Joomla ini merupakan sebuah Content Management System (CMS) bersifat open source yang memungkinkanmu untuk membangun website dan aplikasi tanpa perlu menguasai bahasa pemograman.

 

Sama seperti WordPress, Joomla juga menyediakan ribuan template dan ekstensi yang bisa digunakan untuk mendukung keperluan website. Bahkan, tingkat keamanan yang dimiliki oleh CMS satu ini juga cukup tinggi, lantaran Joomla menyediakan two-factor authentication untuk perlindungan tambahan. Serta, security strike team yang selalu siap merilis patch agar untuk menghindari website dari ekploitasi keamanan.

 

Untuk para pengguna layanan hosting dari Wide Host Media, kamu dapat melakukan instalasi Joomla dengan mudah jika tertarik untuk menggunakannya. Instalasi dapat dilakukan di cPanel melalui one-click installer yang sudah disediakan, yaitu Softaculous Apps Installer.

 

Berikut panduan untuk melakukan instalasi Joomla di cPanel.

 

1. Log in ke halaman client area.

 

2. Masukkan email beserta password akun client area pada box yang telah disediakan, lalu klik Login. Apabila kamu mengalami lupa password untuk akun client area, klik Forgot Password.

 

3. Setelah masuk ke halaman client area, silakan klik Services atau kamu bisa ke bagian menu drop-down services yang berada di bagian atas dan klik My Services.

 

4. Kemudian, pada halaman My Product & Services, silakan pilih layanan hosting yang aktif dan digunakan untuk melakukan instalasi Joomla.

 

5. Jika sudah masuk ke halaman berikutnya, pada bagian Actions di sebelah kiri klik pilihan Login to cPanel.

 

6. Kamu akan diarahkan ke halaman cPanel. Selanjutnya, ketik “Softaculous Apps Installer” di bagian kolom pencarian, atau kamu dapat menemukannya di bagian kolom Software pada cPanel. Klik fitur Softaculous Apps Installer.

 

7. Selanjutnya, pada halaman Softaculous silakan masukkan kata kunci Joomla di kolom pencarian yang berada di sebelah kiri. Selain itu, kamu juga bisa menemukan Joomla di kategori Portals/CMS yang berada di sebelah kiri.

 

8. Jika sudah berhasil menemukan Joomla, silakan klik “Install Now”.

 

9. Selanjutnya, pada bagian Software Setup kamu dapat melakukan pemilihan domain dan versi Joomla yang akan di-install. Selain itu, terdapat beberapa informasi lainnya yang harus diisikan, pada bagian Site Settings isikan informasi mengenai nama situs dan deskripsi. Di bagian Admin Account, silakan isi username beserta password untuk akun Joomla.

 

10. Di bagian Choose Language, kamu dapat memilih bahasa yang ingin digunakan. Kemudian, di bagian Advanced Options kamu dapat melakukan pengaturan untuk backup dan juga upgrade. Jika semua informasi sudah terisi, silakan klik “Install”.

 

11. Proses instalasi Joomla sedang dilakukan, tunggu proses hingga selesai.

 

12. Jika proses instalasi sudah selesai, maka akan muncul tulisan yang memberikan informasi bahwa software (Joomla) sudah berhasil ter-install. Pada informasi tersebut, terdapat link yang bisa diklik dan akan mengarah ke homepage website

 

13. Untuk dapat mengakses halaman admin, kamu dapat mengetikkan namadomain/administrator di search bar. Kemudian akan muncul tampilan awal Joomla seperti ini, silakan masukkan username dan password yang sebelumnya sudah dibuat dan klik Log in.

 

14. Jika sudah berhasil masuk ke halaman admin, maka akan muncul tampilan seperti ini.

 

Sekian panduan mengenai cara install Joomla di cPanel. Terima kasih sudah membaca panduan ini dan semoga bermanfaat.

  • cPanel, Joomla
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Mengganti Password cPanel

Bagi para pengguna layanan hosting, setelah melakukan konfirmasi pembayaran akan mendapatkan...

Cara Membuat Akun FTP di cPanel

FTP atau File Transfer Protocol berfungsi untuk melakukan pengelolaan data seperti mengunggah...

Cara Membuat Email Forwarders di cPanel

Bagi kamu yang memiliki email hosting, tahukah bahwa kamu bisa menggunakan fitur forwarders di...

Cara Membuat Mailing List di cPanel

Bagi kamu yang memiliki email hosting, tahukah bahwa kamu bisa menggunakan fitur mailing list di...

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress

Saat akan melakukan upload file ke WordPress, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah besar...