Cara Cek Penggunaan Bandwidth di cPanel

Untuk para pengguna layanan hosting, kamu dapat melakukan pengecekan total penggunaan bandwidth secara lebih detail dan mudah melalui fitur bandwidth di cPanel. Dengan fitur ini kamu dapat melihat penggunaan bandwidth selama 24 jam terakhir, seminggu terakhir, atau bahkan satu tahun terakhir. Pengecekan ini termasuk untuk penggunaan bandwidth HTTP (web), POP (mail), atau bahkan FTP.

Berikut panduan untuk melakukan pengecekan penggunaan bandwidth di cPanel.

1. Log in ke halaman client area.

 

2. Masukkan email beserta password akun client area pada box yang telah disediakan, lalu klik Login. Apabila kamu mengalami lupa password untuk akun client area, klik Forgot Password.

 

3. Setelah masuk ke halaman client area, silakan klik services atau kamu bisa ke bagian menu dropped down services yang berada di bagian atas dan klik my services.

4. Kemudian, pada halaman “My Product & Services”, silakan pilih layanan hosting yang aktif dan ingin dilakukan pengecekan untuk penggunaan bandwidth-nya.

 

5. Jika sudah masuk ke halaman berikutnya, pada bagian Actions di sebelah kiri terdapat pilihan “Login to cPanel” kemudian klik.

 

6. Kamu akan diarahkan ke halaman cPanel. Selanjutnya, ketik “Bandwidth” di bagian kolom pencarian, atau kamu dapat menemukannya di bagian kolom Metrics pada cPanel. Klik fitur bandwidth.

 

7. Selanjutnya, akan diarahkan ke halaman bandwidth. Pada halaman tersebut kamu dapat melihat penggunaan bandwidth yang terpakai selama 24 jam terakhir, seminggu terakhir, dan satu tahun terakhir. Di bagian paling bawah, kamu dapat melihat penggunaan bandwidth secara lebih detail dari setiap bulannya, mulai dari penggunaan bandwidth HTTP, FTP, IMAP, POP3, dan SMTP. Untuk “Total – All Services” menunjukan total penggunaan bandwidth keseluruhan (HTTP, FTP, SMTP, dll).

 

Sekian panduan pengecekan untuk penggunaan bandwidth di cPanel. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

  • hosting, web hosting, Cloud Hosting
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Mengganti Password cPanel

Bagi para pengguna layanan hosting, setelah melakukan konfirmasi pembayaran akan mendapatkan...

Cara Membuat Akun FTP di cPanel

FTP atau File Transfer Protocol berfungsi untuk melakukan pengelolaan data seperti mengunggah...

Cara Membuat Email Forwarders di cPanel

Bagi kamu yang memiliki email hosting, tahukah bahwa kamu bisa menggunakan fitur forwarders di...

Cara Membuat Mailing List di cPanel

Bagi kamu yang memiliki email hosting, tahukah bahwa kamu bisa menggunakan fitur mailing list di...

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress

Saat akan melakukan upload file ke WordPress, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah besar...