• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Latency dan Penyebab Jaringan Ngelag

Istilah ngelag, sering disebutkan ketika kamu bermain game online atau saat browsing web kemudian tiba-tiba terjadi gangguan jaringan. Sehingga menyebabkan respon yang lambat dari game atau halaman web tersebut. Akibatnya, game yang sedang dimainkan akan terhenti dalam hitungan beberapa detik ataupun menit serta halaman web akan menampilkan halaman error. Hal tersebut terjadi karena adanya jeda waktu yang terjadi saat pengiriman informasi atau paket data, dan dalam istilah jaringan kondisi tersebut juga dikenal dengan Latency.

Secara sederhana, network latency adalah waktu yang dibutuhkan sebuah paket data untuk berpindah tempat dari sumber ke tujuannya. Latency juga disebut sebagai delay/penundaan dan diukur dengan mili detik.

Latency sangat bergantung pada koneksi internet yang dapat dipengaruhi oleh hardware jaringan, lokasi remote server serta router internet antara komputer dan server.Paket data yang melewati router akan mengalami penundaan beberapa milidetik, dan dapat bertambah jika paket melakukan perjalanan melalui banyak router untuk ke tujuannya. Ketika paket data melewati terlalu banyak router,  kemungkinan latency semakin tinggi dan jaringan menjadi lag.

Kategori Latency

Latency dapat dikategorikan berdasarkan besaran mili detik dari kecepatan latency tersebut, karena semakin kecil ukuran latency, semakin baik kualitas suatu jaringan,berikut penjelasannya,

  • High Speed,Low Network Latency, waktu latency kurang dari 10 mili detik. Ketika mengklik sebuah halaman web, halaman tersebut langsung muncul dan semua komponen didalamnya langsung terdownload sekaligus sehingga tampilan utuh dari web tersebut langsung muncul.
  • Medium Speed, Medium Network Latency, lebih dari 10 mili detik dan kurang dari 1000 mili detik. Hal ini terlihat ketika membuka sebuah halaman web, halaman tersebut akan mulai loading segera. Namun, itu akan memakan waktu cukup lama untuk memuat sepenuhnya sehingga terlihat gambar ataupun icon akan muncul satu-per-satu.
  • Low Speed, High Network Latency, lebih dari 1000 mili detik, pada hitungan ini halaman web yang akan ditampilkan mengalami penundaan yang lama dan berpotensi mengalami error.

Ketika sudah mengetahui tingkat latency suatu jaringan, kamu pun bisa melakukan tes kecepatan atau speedtest. Speedtest dilakukan mengecek berapa latency dari jaringan ketika akan menuju ke sebuah halaman web. Salah satu tools yang bisa melakukan speedtest tersebut adalah speedtest.net, melalui tools ini kamu hanya perlu memasukkan halaman web yang akan dilakukan pengecekkan. Gambar dibawah ini akan memperlihatkan hasil speedtest Wide Host Media.

Faktor Penyebab Latency

Selain terkendala karena faktor jaringan latency juga dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, diantaranya:

1. Transit

Saat pengiriman paket data terjadi, device yang dilalui jarang terhubung secara langsung, umumnya akan melewati beberapa device lain seperti hub,  switch,  access point,  repeatet,  firewall dan sebagainya.

Ketika melewati sebuah device,  paket data akan di periksa tujuan dan sumbernya dan kemudian ditentukan apakah paket tersebut bisa lewat atau tidak. Lalu akan ditentukan  melalui port dan jaringan yang mana,  atau akan di drop atau dibuang. Proses pemeriksaan ini biasanya terjadi sangat singkat, tetapi ketika jaringan sangat sibuk, akan terjadi penambahan waktu karena adanya antrian dengan paket data lainnya.

2. Jarak

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jarak router dan panjang kabel yang harus dilewati oleh paket data. Salah satunya jika paket data harus melewati backbone fiber yang dipasang dibawah laut yang melintasi benua, karena faktor ini latency akan terasa lebih signifikan.

3. Cuaca

Faktor alam juga sangat berpengaruh pada latency, jika cuaca sedang mendung ataupun hujan. Laju sinyal akan sedikit menurun karena harus menembus awan tebal dan hujan yang menyebabkan jaringan akan berbenturan. Latency pada cuaca buruk dapat kita jumpai ketika menggunakan jaringan internet wireless Internet Service Provider (ISP),baik pada sinyal GSM/CDMA di handphone, Wi-fi, hingga RT/RW Net.

4. Kapasitas Jaringan

Jaringan yang sangat sibuk atau berkapasitas kecil, maka paket data yang baru masuk akan ditahan sementara. Kondisi ini juga bisa diakibatkan server penuh akibat aktivitas yang tinggi. Oleh karenanya paket data yang baru masuk akan dibuang terlebih dahulu. Kemudian paket data akan melakukan proses loading kembali dan hal inilah salah satu penyebab latency meningkat.

Nah, dari penjelasan diatas kamu dapat mengetahui kenapa terjadi lag pada suatu jaringan dan kita juga bisa mengukur tingkat delay atau latency dari sebuah halaman web yang akan diakses.

Demikian penjelasan singkat mengenai latency, Wide Host Media sebagai salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia memberikan jaminan uptime 99%. Dengan lokasi server di Indonesia sehingga memberikan keamanan dan kecepatan jaringan yang kamu butuhkan.