• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Kenali Malware dan Jenis – Jenisnya

Kenali Malware dan Jenis – Jenisnya!!, Malware (Malicious Software) merupakan suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Sesuai dengan namanya Malware akan di kenali oleh program komputer sebagai software yang mencurigakan ataupun berbahaya, serta sistem keamanan akan langsung memberikan peringatan pada pengguna komputer tersebut.

Pada umumnya malware merupakan program yang berbahaya dan bersifat destruktif dan ada juga sebagian malware dijadikan sebagai kontrol sistem sesuai dengan kebutuhan usernya. Malware bekerja dengan cara merusak sistem, menghambat akses internet serta juga dapat mencuri data penting, mengubahnya serta mengendalikan informasi tersebut untuk tujuan tertentu.

Jenis – Jenis Malware

Ada berbagai jenis dan tipe malware dengan berbagai dampak yang ditimbulkan kepada sistem yang terinfeksi, mari kita simak penjelasan berikut:

Virus Komputer

Malware ini akan menyerang file dengan ekstension .exe, biasanya virus ini akan menyerang dan menggandakan diri ketika file .exe tersebut sedang berjalan. Kemudian virus ini akan menggandakan dirinya dan menyisipkan dirinya pada file yang diinfeksi serta virus ini juga dapat berpindah ke perangkat lainnya. Selama file yang terinfeksi tidak dijalankan oleh user maka virus tersebut tidak bisa berkembang, virus ini biasanya berpindah dari USB, file sharing, ataupun jaringan komputer itu sendiri.

Worms

Malware ini setingkat diatas virus komputer biasa, worms dapat menggandakan diri sendiri tanpa harus ada user yang menjalankan data yang terinfeksi. Hanya dengan memanfaatkan celah dari keamanan jaringan yang terbuka, worms akan masuk melalui transfer file dalam sistem dan akan menyebar secara cepat melalui jaringan tersebut. Bahaya dan dampak worm diantaranya yaitu:

  • Pencurian dokumen penting
  • Mematikan akses ke situs antivirus serta fitur keamanan dalam sistem juga akan dimatikan
  • Sistem yang telah terinfeksi tidak akan bisa digunakan sama sekali
  • Komputer yang terinfeksi akan error dan lemot
  • Beberapa worm juga dapat menghabiskan bandwidth yang ada.
  • Kemampuan menggandakan diri yang sangat cepat akan mengambil space memory yang besar sehingga berbagai kondisi kendala sistem akan terjadi

Trojan Horses

Malware ini menyerang sistem komputer ketika usernya menginstal ataupun menggunakan aplikasi ataupun program illegal/bajakan, karena trojan bersembunyi didalam aplikasi. Program tersebut. Didalam aplikasi atau program yang illegal tersebut, terdapat kode trojan yang memungkinkan hacker yang sengaja menyisipkan program ini dapat mengendalikan komputer ataupun sistem korbannya.

Bahaya yang ditimbulkan oleh trojan ini diantaranya menghapus file, mencuri data/informasi, membuka window browser secara terus menerus. Hal tersebut mengakibatkan terbukanya celah untuk jenis malware lain masuk, sehingga komputer yang diserang akan kewalahan dengan jumlah malware yang meningkat. Contoh malware Trojan diantaranya yaitu Win-trojan/SubSeven, Win-trojan/Back Orifice, Win-trojan/Ecokys, Zeus, Beast, Win32/sirefef, prorate.

Ransomware

Beberapa waktu lalu Malware ini sangat terkenal, karena mampu melumpuhkan sistem data korbannya dan korban pun tidak memiliki hak akses untuk data tesebut. Sehingga korban tidak memiliki pilihan lain untuk mengembalikan datanya, selain mengikuti permintaan dari hacker yang menyerang komputer ataupun sistemnya.

Ransomware masuk kedalam sistem komputer melalui iklan palsu, halaman yang rusak, bahkan sampai email attachment. Malware ini dikategorikan berbahaya karena secara terang-terangan hacker yang menyisipkan ransomware, akan memaksa korban untuk memberikan sejumlah uang, agar data-data sikorban dapat dikembalikan. Karena Hacker tersebut akan melakukan enskripsi pada data-data penting korban dan mengancam akan mempublikasikan data rahasia tersebut jika korban tidak mengikuti permintaannya. Untuk pembayaran tersebut biasaya harus berbentuk bitcoin atau cryptocurrency, sehingga sangat sulit untuk melacak siapa pelaku yang menyisipkan ransomware tersebut.

 Spyware

Spyware adalah program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut kepada pihak lain. Informasi tersebut bisa dipantau secara sembunyi tanpa diketahui korban. Tujuan spyware ini yaitu untuk melakukan pengamatan/pengintaian lalu memberikan informasi pada pihak penyerang mengenai segala aktivitas yang terjadi pada komputer korban. Namun disisi lain, malware ini juga berguna untuk mengontrol agar pengguna tidak membuka halaman web tertentu, biasanya malware ini digunakan oleh kantor, sekolah ataupun untuk mengontrol penggunaan internet pada anak – anak. Adapun contoh Spyware diantaranya yaitu Parental Control Software, Detective Software, Spyaxe, Surf saver.

Adware

Adware biasanya berbentuk iklan pop-up baik video, baner serta pengalihan halaman web ke halaman penuh iklan. Program ini bersifat freeware untuk tujuan promosi ataupun iklan. Pihak pengembang iklan akan mendapatkan keuntungan dari pay-per-click, sehingga setiap user mengklik iklan maka pihak pengembang iklan akan mendapatkan keuntungan dari sana.

Rogue Software

Program ini akan menampilkan halaman peringatan pada user komputer, dan berusaha meyakinkan mereka bahwa komputernya telah terinfeksi malware dan harus mendownload software mereka agar malware tersebut dapat dihapus. Setelah user mendownload dan melakukan installing, barulah diketahui software tersebut sebenarnya adalah malware yang akan menyerang data korban dan akan bekerja seperti ransomware.

Keylogger

Keylogger adalah sebuah program yang tujuannya untuk mencatat segala aktivitas penekanan tombol (inputan) dari keyboard. Keylogger sebenarnya bisa menjadi program yang baik dan jahat, tergantung pemakai dalam mengoperasikannya. Program ini bisa menjadi program baik seperti, untuk mengawasi aktivitas anak dalam mengoperasikan komputer, memantau karyawan yang bekerja, memantau belajar siswa saat memakai komputer dan sebagainya. Adapun keylogger disalahgunakan oleh seseorang, maka keylogger menjadi sebuah program yang jahat. Kejahatan ini seperti, mencuri data/informasi penting (password, PIN), pembajakan, dan sebagainya.

Cara kerja keylogger mula-mula merekam segala aktivitas pengetikan melalui keyboard dan akan mencatatnya pada berkas catatan ataupun log secara rinci. Bahaya dan dampak dari keylogger yang paling besar adalah tercurinya data-data penting, misalnya password atau PIN. Contoh malware keylogger diantaranya yaitu KGB Key Logger 5.2, Keylogger Douglas 1.1, Revealer keylogger Free Edition 1.4

Penjelasan mengenai tipe – tipe malware diatas dapat memberikanmu sedikit gambaran, agar dapat membangun tingkat kewaspadaan terhadap serangan malware. Pada saat ini malware tidak hanya menginfeksi sistem komputer, namun juga dapat menginfeksi sebuah website. Hal tersebut dapat terjadi ketika pemilik website tersebut mendownload theme illegal yang telah disisipi malware sebelumnya. Ketika malware telah menginfeksi maka kebocoran informasi dan data website tidak terhindarkan, serta dampak selanjutnya akan membuat server menjadi down.

Pencegahan terhadap malware tentunya perlu dilakukan untuk menghindari berbagai kerugian.  Pada pembahasan selanjutnya kita akan menjelaskan bagaimana Wide Host Media mengandalkan Imunify360 sebagai salah satu bentuk sistem keamanan yang ditawarkan kepada penggunanya untuk tingkat keamanan data dan sistem yang lebih advance.