• Indonesia
sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?
Fungsi Bandwidth Pada Layanan Hosting

Secara umum, pengertian Bandwidth adalah jumlah kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data antara server dan client dalam hitungan bit per second (bps). Satuan yang digunakan untuk Bandwidth adalah bps (bit per second) ditulis dengan “b”, berbeda dengan Byte “B”, karena 1 Byte = 8 bit.

Bandwidth merupakan suatu komponen penting dalam sebuah jaringan, dimana berbagai aktivitas seperti pengiriman atau penerimaan data membutuhkan bandwidth didalamnya. Hal ini juga berlaku bagi pengguna layanan hosting, kelancaran lalu lintas dan kecepatan data yang diterima oleh pengunjung salah satunya ditentukan oleh bandwidth.

Untuk lebih sederhana Bandwidth sering dianalogikan sebagai lebar jalan raya dan data yang melewati bandwidth adalah kendaraannya. Jika data yang melewati bandwidth semakin sedikit maka lalu lintas dijalur tersebut akan berjalan lancar, namun jika kendaraan yang melewati bandwidth semakin banyak maka akan terjadi kemacetan dan gangguan lainnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan kita saat memilih bandwidth yang disediakan oleh layanan hosting. Karena akan berpengaruh pada lalu lintas pengunjung ketika mengakses situs ataupun website-mu. Dengan fitur unlimited bandwidth dari Wide Host Media untuk layanan hostingmu, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kendala pada lalu lintas data pada hostingmu.

Fungsi dari Bandwidth

1. Membatas Kecepatan Transfer

Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh administrator untuk menyeimbangkan dan menstabilkan lalu lintas dalam bandwidth, karena pada bandwidth antara pengguna satu dan lainnya saling berbagi dalam penggunaan data. Misalkan pada satu perangkat ada pengguna yang mendownload video berukuran besar sehingga hal ini akan menyedot banyak bandwidth sehingga akses pengguna lain di perangkat tersebut akan terhambat

2. Jalur atau Media Pengiriman Data

Fungsi secara umum dari bandwidth sebagai media pengiriman data pada suatu komputer ataupun jaringan tertentu. Saat penggunaan kabel LAN, bandwidth akan berperan sebagai jalur penghubung ketika komputer dan jaringan sedang melakukan tranfer data.

3. Pembatas Pengiriman Data

Selain pembatas kecepatan transfer, bandwidth juga berfungsi untuk membatasi jumlah ukuran pengiriman data dalam kurun waktu tertentu. Hal ini biasanya diperlukan oleh layanan hosting dan administrator jaringan, contohnya layanan hosting memberikan batasan untuk pengiriman data sebanyak 10GB perbulannya dan hal ini berlaku bagi semua pengguna. Sehingga, ketika kuota yang dibatasi telah tercapai maka pengguna tidak dapat lagi bisa melakukan pengiriman data.

Mengecek Bandwidth melalui cPanel

Sebagai pengguna layanan hosting berbasis cPanel, akan memungkinkan kamu untuk mengecek berapa bandwidth yang telah digunakan pada hostingmu pada kurun waktu tertentu. Hal ini akan menunjukkan  jumlah semua traffic data yang masuk ataupun keluar, serta menunjukkan penggunaan bandwidth yang meliputi pengunjung yang sedang mengakses situsmu, email diterima dan dikirim maupun upload file yang dilakukan pada layanan hosting mu.

Cara pengecekkan bandwidth dapat kamu temukan pada ringkasan halaman utama cPanel mu, disini muncul tampilan penggunaan bandwidth secara keseluruhan dan batas dari bandwidth tersebut. Pada gambar dibawah terlihat penggunaan bandwidth sebanyak 1,38 MB dengan kuota bandwidth unlimited.

Selain itu untuk lebih detail kamu bisa melakukan pengecekkan Bandwidth lebih detail pada menu Metrics

Pada jendela ini akan menampilkan penggunaan bandwidth pada layanan hosting-mu secara lebih detail. Penggunaan bandwidth setiap bulannya direview dalam bentuk grafik seperti penggunaan pada HTTP (web), POP (email) dan penggunaan bandwidth FTP.

Simpulan

Pengecekkan bandwidth secara berkala untuk layanan hosting-mu sangat disarankan agar bandwidth itu sendiri tidak over limit ataupun nantinya akan memberatkan lalu lintas hosting mu.

Pada layanan hosting yang memberikan bandwidth terbatas, ketika website/aplikasimu menjadi populer dan banyak dikunjungi, hoster akan membiarkan website atau aplikasi tersebut down hingga pemilik hosting tersebut melakukan upgrade layanan dan tentunya membutuhkan biaya tambahan.  Hal ini akan berbeda dengan layanan hosting yang menyediakan unlimited bandwidth seperti Wide Host Media, kami tidak akan menghentikan layanan ketika website atapun aplikasimu menjadi populer serta mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan terus meningkat.